1. Pengenalan Microsoft Office Excel 2007
caranya menggunakannya yaitu : klik menu Start - All Programs - Microsoft Office - Microsoft Office Excel 2007.
2. Menggunakan Menu dan Ikon pada Microsoft Office Excel 2007
a. Membuat Lembar Kerja Baru : Ctrl + N.
b. Menyimpan Lembar Kerja : Ctrl + S - Save As.
c. Mencetak Lembar Kerja : klik Office Button - pilih Print.
3. Menggunakan Operator pada Microsoft Office Excel 2007
a. Operator Aritmetika (+, -, /, *, %, ^, &),
b. Operator Pertandingan (=, >, <, >=, <=, <>),
c. Operator Acuan (:, koma, spasi),
d. Operator Penggabungan Teks (&).
4. Menggunakan Formula pada Microsoft Office Excel 2007
a. Buat Label.
b. Mencari Total Harga = ketik rumus E5 - ketik =C5*D5.
c. Tekan tombol Enter.
d. Aktifkan sel E5 - Home - Clipboard -Copy. Lalu blok sel E6 sampai E9 - Home - Clipboard - Paste.
c. Mencari Total Pembayaran = ketik =E5+E6+E7+E8+E9.
5. Menggunakan Fungsi pada Microsoft Office Excel 2007
a. Fungsi Teks : Fungsi MID -> =MID(teks, posisi awal, jumlah yang diambil), Fungsi LEFT -> =LEFT (teks, jumlah karakter), Fungsi RIGHT -> =RIGHT(teks, jumlah karakter).
b. Fungsi Statistik : Fungsi MAX -> = MAX(angka_awal;angka_akhir), Fungsi MIN -> =MIN(angka_awal;angka_akhir), Fungsi AVERAGE(angka_awal;angka_akhir), Fungsi COUNT(angka_awal;angka_akhir).
c. Fungsi Penjumlahan -> =SUM(angka_awal;angka_akhir).
d. Fungsi Logika -> =IF(uji logika; nilai jika benar; nilai jika salah).
e. Fungsi Informasi dan Rujukan
: Fungsi VLOOKUP -> =VLOOKUP(dicari; tabel_referensi; posisi; range lookup), Fungsi HLOOKUP -> =HLOOKUP(dicari; tabel_referensi; posisi; range lookup).
6. Menggunakan Referensi Absolut dan Relatif
a. Referensi Relatif
b. Referensi Absolut
c. Referensi Semiabsolut : Row Absolute (mutlak baris), Column Absolute (mutlak kolom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar